Header Ads

Ada Yang Menarik Hari Ini Gerhana Bulan Total 'Super Blood Moon'

CampusBrainers, tepat pada tanggal 26 Mei 2021 ada fenomena alam yang menakjubkan loh yakni Gerhana Bulan Total!! Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) menyebutkan fenomena Gerhana bulan total ini sangat spesial karena terjadi 195 tahun sekali. Woww jangan sampai kamu lewatkan kesempatan bagus ini yah…

Mengutip laman resmi LAPAN, gerhana bulan total kali ini akan istimewa karena beriringan dengan perige atau di mana posisi Bulan paling dekat dengan Bumi. Selain bulan akan tampak berwarna merah saat mencapai puncak gerhana total, bulan juga akan terlihat lebih besar dari fase-fase purnama biasa layaknya super moon. WOW!

instagram/ @infobmkg

Astronom amatir Indonesia, Marufin Sudibyo menuturkan, gerhana bulan total (GBT) akan di mulai pada pukul 14.48 WIB dan berakhir pada pukul 20.50 WIB, Rabu (26/5/2021) bersamaan dengan bulan purnama perigean (supermoon).

Puncak gerhana akan terjadi pada pukul 18.18 WIB atau 19.18 WITA atau 20.18 WIT dengan jarak 357.664 kilometer dari Bumi. Sementara itu puncak perige terjadi pada pukul 08.57 WIB atau 09.57 WITA atau 10.57 WIT dengan jarak 357.316 kilometer dari Bumi.

Bagian gerhana yang kasat mata (fase umbra) diperhitungkan terjadi mulai pukul 16.45 WIB hingga 19.52 WIB. Sedangkan, totalitas gerhana diperhitungkan hanya terjadi selama 18 menit aja, jadi bener-bener harus standby yaa..

 


Lokasi terbaik untuk melihat Gerhana bulan ini adalah di wilayah Indonesia bagian Timur ya, eitss tapi bukan berarti dari wilayah lain ga bisa, tetep bisa kok hanya saja, kalau mau lengkap dari awal, memang lebih baik dari wilayah Indonesia Timur.

Nah pasti udah gak sabar buat melihat fenomena langka ini kan CampusBrainers, Berdoa dulu ya semoga kondisi cuaca nanti cerah agar kita bisa menyaksikannya. Dan Gerhana Bulan Total ini dapat dilihat dengan mata telanjang, tanpa harus menggunakan kaca mata khusus gerhana loh.

 

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh merrymoonmary. Diberdayakan oleh Blogger.