Header Ads

KREASSO HADIR KEMBALI DENGAN TEMA MENARIK UNTUK MELESTARIKAN BUDAYA INDONESIA

 

Kreatif Anak Sekolah Solo (KREASSO) merupakan sebuah agenda tahunan yang digagas oleh pemerintah Kota Surakarta melalui Dinas Pendidikan Kota Surakarta. Salah satu ciri khas KREASSO yang membedakannya dari agenda lain adalah mengenai tata cara pelaksanaan, dimana hal tersebut dipersiapkan dan dilakukan oleh para pelajar di Surakarta. Sesuai dengan slogan “Dari Pelajar Surakarta untuk Pelajar Indonesia”, KREASSO menjadi ajang bagi para pelajar untuk memaksimalkan potensi diri dan menuangkannya dalam bentuk kreativitas ekspresi budaya. 

 


Penyelenggaraan KREASSO pada tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena akan diadakan secara hybrid mengingat masih dalam situasi pandemi. Agenda KREASSO tahun ini juga akan menjadi yang pertama kali kembali diselenggarakan setelah tahun lalu vakum karna masih berada dalam awal masa pandemi. Kini, setelah melakukan persiapan matang dan didukung dengan berbagai kebijakan pemerintah terkait penanganan pandemi, KREASSO telah sukses dilaksanakan di Gedung Wayang Orang Sriwedari pada tanggal 18-19 September 2021 lalu, dan disiarkan live di TATV.

Secara khusus, KREASSO 2021 mengangkat tema “Hambangun Budhaya Hangrungkebi Adeging Nagari”. Tema tersebut bekaitan dengan tema KREASSO 2019 yaitu “Manunggaling Kawula Anggayuh Aruming Bangsa” dan tema KREASSO 2018 yaitu “Mekaring Budaya Rumaketing Bangsa”. Dalam tiga tahun secara berturut-turut, tema dari agenda ini disusun secara berkesinambungan antara satu sama lain agar KREASSO memiliki tolak ukur capaian terhadap aspek budaya yang diangkat. Hal tersebut bertujuan agar semua nilai budaya dapat dipahami secara utuh dan menyeluruh.

 


Adapun esensi dari tema KREASSO 2021 adalah sebagai reminder bahwa para pelajar sebagai generasi muda memegang peran kunci terhadap perkembangan suatu bangsa dan karenanya melestarikan budaya bangsa Indonesia menjadi salah satu tanggung jawab yang harus dimiliki setiap pelajar di negeri ini. KREASSO 2021 akan lebih menampilkan berbagai kreasi dari pelajar yang ada di Kota Surakarta.



PERFORMING ART KREASSO 2021

 KREASSO 2021 akan menampilkan 29+ sekolah sebagai peserta Performing Art yang terdiri dari pelajar di tingkat SM dan SMA/SMK se-Kota Surakarta. Selain itu, KREASSO 2021 juga akan menampilkan beberapa pemenang dari FLS2N tingkat Nasional. Performing Art akan menjadi inti agenda KREASSO 2021 dimana berbagai macam dan jenis budaya akan ditampilkan dengan cara dan ciri khas dari tiap-tiap sekolah yang berpartisipasi.

ROAD TO KREASSO 2021

Setiap seminggu sekali KREASSO melakukan live Instagram Bersama beberapa pembicara yang merupakan ahli di bidang yang diangkat. Beberapa narasumber yang pernah diundang adalah, Whinda Erlyani, S.K.M ; penyuluh narkoba ahli pertama BNNK Surakarta, Jason Lee ; ketua forum anak Jawa Tengah, Mirai Naziel ; kontestan the voice kid 4 dan idol junior 2018 dari Solo, Dedy Ari Nugroho, M.Pd ; Dosen Universitas Lambung Mangkurat, Muflih Dwi Fikri ; founder dan CEO Global Millennial Group.

 


Serangkaian acara KREASSO 2021 yang keren ini telah dilaksanakan dengan ketat mematuhi procedural protokol kesehatan dengan berbagai cara seperti melakukan swab antigen, membatasi jumlah penonton langsung, dan melakukan pengecekan suhu terhadap penampil, panitia, dan tamu setiap 20 menit sekali. Selain itu tentunya juga melakukan cek suhu tubuh dan mewajibkan penggunaan masker sebelum dan saat berada di venue acara. Sebagai langkah antisipasi, dalam acara KREASSO 2021 juga  juga akan melakukan sterilisasi berupa penyemprotan disenfektan serta menyediakan mobil ambulance dan tenaga medis sebagai upaya penanggulangan apabila terjadi hal yang tidak diinginkan.

 

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh merrymoonmary. Diberdayakan oleh Blogger.