Header Ads

Siswa SMK di Semarang Berhasil Temukan Bug di Google!

CampusBrainers, siapa sih yang nggak kenal Google? Yaps, aplikasi sejuta umat yang sering banget kita akses buat tau informasi-informasi yang kita butuhin. Tapi kamu tau nggak sih, kalau beberapa perusahaan mengadakan sayembara untuk menemukan bug atau celah yang ada di dalam aplikasi tersebut.

Nah, kemarin baru aja ramai jadi perbincangan publik, terutama di sosial media, kalau ada seorang siswa kelas 12 dari SMKN 8 Kota Semarang, Abdullah Mudzakir yang berhasil menemukan bug dalam sistem Google. Nah, dengan keberhasilannya tersebut, ia diberi hadiah  apresiasi sebesar USD 5.000 atau setara dengan 75 juta rupiah, loh!


Source: Detik.com

Siswa berusia 18 tahun itu mengatakan bahwa ia sudah mengikuti sayembara sejak awal tahun 2021 laluu, namun sempat gagal. Ia mengaku telah melalui beberapa kali percobaan yang akhirnya membuahkan hasil yang manis setelah 5 kali mencoba. Kepala Sekolah SMKN 8 Kota Semarang juga menuturkan bahwa Dzakir merupakan salah satu siswa berprestasi di sekolah dan terkenal menonjol di bidang cyber security.

Source: BBC
Dalam perjalanannya menemukan bug tersebut, Dzakir mengaku bukanlah hal yang mudah. Pihak Google tidak langsung mempercayainya, sehingga membuat Dzakir sempat berdebat dengan pihak Google. Dzakir mengatakan bahwa bug yang ditemukannya termasuk ke dalam kategori yang sangat rentan dan membahayakan.

Adapun fakta menarik dari pemuda ini, yaitu meskipun belum menamatkan bangku SMK, Dzakir sudah bekerja di salah satu perusahaan di Jakarta yang bergerak di bidang pelayanan sistem keamanan, loh!

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh merrymoonmary. Diberdayakan oleh Blogger.