Header Ads

Kita dapat Melihat Dunia, Hanya Cukup dengan Membaca Buku. Selamat Hari Buku Sedunia !

 Hai CampusBrainers! Hari ini 23 April bertepatan dengan Peringatan hari buku sedunia loh!! Yups tanggal 23 April adalah usulan dari Valencia Vicente Clavel Andres dipilih karena tanggal ini merupakan peringatan wafatnya William Shakespeare dan penulis sejarah Spanyol terkemuka Inca Garcilaso de la Vega. Peringatan Hari Buku ini telah dimulai sejak tahun 1995 atas penetapan oleh United Nations Educational Scientific and Cultural Organization (UNESCO) di Paris.

UNESCO berharap bahwa adanya Hari Buku menjadi kesempatan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya membaca, mengajarkan anak-anak menjadi pembaca serta mempromosikan cinta sastra serta integrasi seumur hidup ke dalam dunia kerja. 

Hari Buku Sedunia tahun ini sayangnya bersamaan dengan pandemi Covid-19 yang melanda dunia, jadi bikin ruang gerak perayaan tahun ini agak terbatas yaaa. Namun, jangan bersedih hati Campusbrainers, karena bagaimanapun juga Hari Buku Sedunia dapat dirayakan dengan aman di rumah lho. Yuk kita coba : 

1. Membeli Buku melalui Layanan Online 

Cara ini menjadi alternatif menambah koleksi buku dibanding harus keluar rumah di tengah pandemi lho. Buat kamu yang pengen baca buku tapi belum punya buku dan malas untuk keluar rumah, pilihan ini bisa kamu lakuin. Kamu pun juga bisa menggunakan aplikasi baca buku atau novel secara online Campusbrainers.  




2. Baca kembali novel lama 

Menambah koleksi buku lagi, memang menyenangkan tetapi membaca kembali novel ynag sudah lama gak dibaca akan sama menyenangkannya. Kalau dirumah ada koleksi buku yang udah lama gak dibaca dan belum sempat dibaca, ini akan jadi pilihan yang tepat Campusbrainers. Kamu mugkin bisa menemukan detail-detail cerita yang mungkin terlewat dan barangkali membuat akhir cerita lebih berkesan. Cara ini lebih menyenangkan daripada ngebiarin buku dipajang bertahun-tahun di rak buku tanpa disentuh, tau kan kalau dianggurin itu gak enak Campusbrainers xixix. 

3. Donasikan buku ke perpustakaan lokal 

Donasi buku ke perpustakan sekitar untuk merayakan Hari Buku Sedunia bisa menjadi pilihanmu lho, apalagi di bulan suci Ramadhan ini, agar semakin berkah. hihi. Kamu bisa mengumpulkan buku-buku lama yang masih layak baca dari rak buku pribadimu ataupun kamu bisa ajak teman-teman untuk ikut berdonasi. Pastikan untuk selalu mematuhi protokol kesehatan ya saat melakukan donasi, memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan. 

CampusBrainers jangan lupa baca buku yah karena kegiatan ini mempunyai manfaat positif, mulai dari mampu memperkuat otak, memperbesar rasa empati, sampai dengan mengurangi depresi, dan pastinya akan menambah luas wawasan kamu.

Selamat Hari Buku Sedunia.  dimanapun kita bisa melihat isi dunia tanpa melakukan perjalanan, hanya cukup dengan membaca sebuah buku. Lestarikan budaya membaca buku demi kemajuan bangsa.

Jadi sudah berapa buku yang kamu baca hari ini? comment down below ya Campusbrainers :) 

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh merrymoonmary. Diberdayakan oleh Blogger.