Header Ads

Mengenal Roket China, Long March 5B yang Jatuh ke Bumi

        Sebuah roket besar China, Long March 5B masuk ke Atmosfer Bumi pukul 10.24 waktu Beijing pada Minggu, (9/5) dengan puing-puing yang jatuh di Samudra Hindia, tepatnya di Maldives atau sebelah Barat Maladewa.

       Dikutip dari BBC, sebagian besar roket hancur dan bagian lainnya mendarat di lokasi dengan koordinat 72,47 derajat timur dan 2,65 derajat utara. Jatuhnya Long March 5B merupakan kedua kalinya puing-puing roket China jatuh tak terkendali ke Bumi, setelah sebelumnya sempat menghantam desa di Pantai Gading pada tahun 2020.

Lalu apa tujuan roket China Long March 5B diluncurkan? Bagaimana bisa roket ini terjatuh? Mari sedikit mengenal latar belakangnya, dihimpun detikINET. 

           Long March 5B merupakan roket yang sangat besar dengan panjang 30 meter dan memiliki berat hingga 22 ton. Peluncuran ini merupakan operasi kedua kalinya dari 11 misi mereka, untuk membangun dan menyediakan stasiun luar angkasa yang baru. Roket Long March diluncurkan pada 29 April lalu dari Wenchang, Provinsi Hainan untuk membawa modul pertama stasiun luar angkasa terbaru milik China. 

        Dalam kasus ini, muatan yang dimaksud ialah Tianhe, modul utama untuk stasiun luar angkasa. Long March-5B memang diberangkatkan tanpa adanya orang di dalamnya. Modul yang dikirim berisi perlengkapan penunjang kehidupan dan sebagai ruang tempat tinggal para astronot nantinya. Roket ini memiliki kapsul besar sepanjang 20 meter yang akan digunakan simulasi saat Long March-5B membawa penumpang berkapasitas enam orang. China sendiri telah mengeluarkan dana miliaran dolar Amerika untuk melakukan misi ini.

        Tujuannya untuk menegaskan posisi globalnya yang meningkat dan kekuatan teknologi China yang terus berkembang mengikuti jejak Amerika Serikat (AS) dan Rusia. Namun sangat disayangkan, setelah terlepas dari orbit di luar angkasa, bagian utama Long March 5B seberat 18 ton terpaksa harus melesat kembali ke Bumi. Hingga akhirnya roket China tersebut masuk ke Bumi dan jatuh ke wilayah Samudera Hindia, Maldives. 

Source : detikinet.com

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh merrymoonmary. Diberdayakan oleh Blogger.