Header Ads

Say No To Drugs!! Selamat Hari Anti Narkotika Internasional

Hari Anti Narkotika Internasional diperingati setiap tanggal 26 Juni, peringatan ini dicanangkan oleh United Nations Office on Drugs and Crime (UNODC) tahun 1988. Melansir laman resmi BNN Sukabumi, ini ditetapkan berdasarkan kasus yang terjadi yakni momen pengungkapan kasus perdagangan opium oleh Lin Zexu (1785-1851) di Humen, Guangdong, Tiongkok.

Lin Zexu adalah pejabat yang hidup pada masa Kaisar Daoguang dari Dinasti Qing. Ia terkenal dengan perjuangannya menentang perdagangan opium di Tiongkok oleh bangsa-bangsa asing.

Kala itu, Lin Zexu melihat negaranya semakin terpuruk karena harta negara terus mengalir ke Inggris untuk membeli obat terlarang, dan ada ketergantungan akan opium.

Oleh karena itu, Lin bertekad menumpas obat terlarang. Usahanya ini akhirnya memicu Perang Candu antara Tiongkok dan Inggris.

Peringatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan masalah utama yang ditimbulkan oleh obat-obatan terlarang dan ilegal dan agar masyarakat internasional yang bebas dari penyalahgunaan narkoba. Ini merupakan bentuk keprihatinan dunia terhadap penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika.

Di tahun 2021, peringatan Hari Anti Narkoba Internasional (HANI) bertema Share Facts on Drugs. Save Lives yang menekankan pentingnya kesadaran akan fakta mengenai narkoba dan bahayanya serta upaya pencegahan, pengobatan dan perawatan berbasis bukti.

Selamat Hari Narkotika internasional!! Jauhilah narkoba, jangan sampai hancurkan masa depan dengan hal yang tidak berguna. Sayangi dirimu!! dengan tidak mengkonsumsi narkotika, kamu sudah menyelamatkan harta negara, yaitu generasi bangsa.


Tidak ada komentar

Gambar tema oleh merrymoonmary. Diberdayakan oleh Blogger.