Header Ads

Jangan Sampai Tertukar! Beda Gen X,Y,Z sampai Gen Millenials

CampusBrainers, kamu mungkin pernah mendengar tentang Baby Boomers, Millenials, Gen Y, Gen Z, Gen X atau Gen Alpha dan bertanya-tanya "Siapa sih Gen itu?", masih banyak yang beranggapan kalau pelabelan sebuah generasi ini dilihat berdasarkan rentang usia, padahal bukan itu loh CampusBrainers! yang harus dilihat adalah rentang tahun kelahirannya.

Istilah-istilah ini lahir dari teori Kohort. Dalam ilmu sosial, kohor adalah kelompok orang yang memiliki karakteristik atau pengalaman yang sama dalam periode tertentu seperti waktu kelahiran, masa sekolah, dan sebagainya. 

Di masyarakat yang paling familiar adalah Kaum millenial yang sering dinilai sebagai “anak jaman sekarang”. Nah ternyata masih banyak yang tertukar dalam menggunakan pelabelan gen ini loh, jadi biar gak salah yuk pelajari generasi manusia sesuai dengan periode kelahirannya!!

1. Baby Boomer

Generasi yang lahir pada tahun 1946- 1964. Dinamakan baby boomer, karena angka kelahiran bayi yang sangat besar seperti boom setelah berakhirnya Perang Dunia II.

2. Generasi X

Generasi yang lahir sekitar tahun 1965-1980. Generasi X sering disebut dengan baby bust dikarenakan penurunan angka kelahiran bayi yang signifikan dibandingkan generasi baby boomer sebelumnya. 

3. Generasi Milenial

Generasi milenial atau generasi Y adalah generasi yang lahir sekitar tahun 1980-1995 pada saat teknologi telah maju.

4. Generasi Z

Generasi yang lahir sekitar tahun 1997-2000-an. Dilansir dari BBC, generasi Z adalah generasi yang masih muda dan tidak pernah mengenal kehidupan tanpa teknologi sehingga terkadang disebut sebagai i-gen.

5. Generasi Alpha 

Generasi yang lahir tahun 2010an. Seperti dua generasi sebelumnya, gen Alpha ini sudah familiar dengan teknologi bahkan sejak usia yang sangat kecil. Generasi alpha lebih tertarik bermain gadget dibandingkan permainan tradisional anak di era sebelumnya.

Nah sekarang udah paham kan pelabelan gen yang benar jadi jangan sampe salah lagi ya...Kira kira kamu masuk kategori gen yang mana nih? Anak millenials atau generasi z? Atau jangan jangan baby boomer hehe? Campusbrainers, coba dong share di kolom komentar👇👇


Tidak ada komentar

Gambar tema oleh merrymoonmary. Diberdayakan oleh Blogger.