Header Ads

Yuk Mengenal Makna Logo HUT Kemerdekaan ke-76 RI

 Dirgahayu Indonesia! Hari ini Indonesia tengah berbahagia karena perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-76. Seperti yang kita tahu bahwa setiap HUT Kemerdekaan pasti terdapat logo dan tema yang disiapkan. 

Tahun ini HUT ke-76 RI mengusung tema "Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh" yang memiliki arti mendeskripsikan nilai-nilai ketangguhan, semangat pantang menyerah untuk terus maju bersama dalam menempuh jalan penuh tantangan, agar dapat mencapai masa depan yang lebih baik.

Logo HUT RI ke-76 berlatar belakang merah dengan tulisan angka 76th disampingnya tertulis 'Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh'. Tulisan tersebut menjadi tema perayaan HUT RI ke-76.

Seluruh tema dan logo peringatan HUT ke-76 RI tertuang dalam Surat Menteri Sekretaris Negara Nomor: B.446/M/S/TU.00.04/06/2021 tertanggal 16 Juni 2021.

Dibalik tulisan logo pada HUT Kemerdekaan kali ini terdapat empat makna filosofi yang terkandung di dalamnya.Dikutip dari laman resmi setneg.go.id, terdapat empat makna dalam logo yang diusung HUT ke-76 RI pada 2021 ini. Berikut penjelasannya :

1. Stabilitas dan Pembangunan

Bentuk angka '7' diasosiasikan sebagai bagian dari 'tiang pancang' infrastruktur yang sedang dicanangkan oleh pemerintah untuk mendukung percepatan perekenomian Indonesia.

Bentuk angka '7' melambangkan 'kepala garuda' yang berarti Pancasila yang menjadi landasan berbangsa dan bernegara.

2. Gerak dan Pertumbuhan

Bentuk angka '6' diasosiasikan sebagai 'orang & roda yang sedang bergerak' terus maju ke depan yang melambangkan pertumbuhan dan percepatan ekonomi.

3. Ruang Kebersamaan

Bentuk tersebut diasosiasikan sebagai 'ruang' yang melambangkan negara memberikan ruang demokrasi kepada rakyat untuk turut berkontribusi dalam pembangunan Indonesia.

Selain itu, dapat diasosiasikan pula sebagai bentuk 'panah' yang melambangkan pertumbuhan yang berkesinambungan.

4. Persatuan dan Harapan

Bentuk 'lingkaran' merupakan bentuk sempurna yang mencerminkan harapan akan keberhasilan dari semua hal yang ingin dicapai. Bentuk ini juga dapat diasosiasikan 'persatuan' Indonesia.

Cepat pulih kembali negeriku, cepat pulih bangsaku. Selamat Hari Kemerdekaan Indonesia! semoga semakin maju dan lekas pulih dari pandemi!

1 komentar:

Gambar tema oleh merrymoonmary. Diberdayakan oleh Blogger.