Header Ads

Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Ke-76 Republik Indonesia

 Dirgahayu Indonesiaku! Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-76 RI berlangsung di tengah pandemi covid-19. Sama seperti penyelenggaraan Upacara Peringatan HUT Ke-75 RI tahun kemarin, digelar secara terbatas. Di mana hanya petugas upacara dan beberapa pejabat yang hadir secara fisik di Istana dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan dalam memperingati HUT ke-76 RI digelar di Istana Merdeka, Selasa (17/8/2021) pukul 10.00 WIB yang disiarkan secara virtual melalui akun YouTube Sekretariat Presiden.

Detik-Detik Proklamasi resmi dimulai dengan ditandai tembakan meriam 17 kali, dan sirene selama 1 menit. Upacara dilaksanakan secara khidmat, acara ini turut dihadiri tamu undangan kehormatan dari berbagai negara dan kota secara virtual melalui aplikasi Zoom.



Berbeda dari peringatan kemerdekaan Indonesia sebelumnya yang hanya melibatkan 8 orang anggota  pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka), di HUT ke-76 RI kali ini melibatkan pasukan paskibraka dengan formasi lengkap.

Presiden Jokowi menjadi inspektur upacara dalam upacara peringatan HUT ke-76 RI. Dalam upacara ini Presiden Jokowi mengenakan pakaian adat Lampung, dengan mengenakan atasan putih berlengan panjang dengan bawahan celana berwarna sama. Untuk bagian pinggangnya diikatkan kain sarung berwarna merah. Selain itu Jokowi juga mengenakan ikat kepala berwarna merah.

Sementara itu Ibu Negara Iriana Jokowi mengenakan busana nasional dipadukan kain songket dengan dominasi warna kuning. Dan sejumlah pejabat negara yang turut hadir secara fisik di Istana Merdeka juga mengenakan pakaian adat.



Tidak ada komentar

Gambar tema oleh merrymoonmary. Diberdayakan oleh Blogger.