Header Ads

Binge Watching! Kecanduan Nonton Film Yang Punya Dampak Negatif bagi Tubuh

CampusBrainers, siapa sih disini yang gapernah nonton film atau series? Pasti semua pernah dong. Apalagi di masa pandemi kayak gini sering ngerasa suntuk dan butuh pelarian. Nonton film ataupun series udah jadi salah sau kegiatan yang pasti dilakukan setiap orang, entah untuk healing mengatasi penat, atau sekedar gapengen jadi FOMO dikalangan temen-temen alias takut kudet. Tapi bagi kalian penggila film, series netflix, drakor, dracin, dorama, lakorn, hingga pecinta anime series, Tau ga apa itu “Binge Watching”?

(Source :thejakartapost.com)

Istilah binge watching sendiri berarti kegiatan menonton sejumlah episode dari sebuah series ataupun film secara penuh dan terus-menerus atau seringnya disebut maraton film. Contoh gampangnya sih, semisal kamu bisa nyelesaiin satu series berjumlah 10 episode dalam waktu satu hari. Wahh bagi pecinta film apalagi series yang mereka tunggu-tunggu hal ini udah bukan sesuatu yang mengagetkan lagi bagi mereka. Coba diinget-inget CampusBrainers, pernah ga kamu nonton film atau maraton series sampai tamat satu hari full begadang demi nyelesaiin seriesnya? Kalau pernah, berarti tandanya kamu udah kecanduan binge watching nih CampusBrainers no

Nonton film buat healing dari hiruk piruk kegiatan duniawi dan mengatasi penat emang boleh-boleh aja. Tapi sesuatu yang berlebihan itu juga gaboleh lho CampusBrainers! Nonton film emang bikin candu dan ngehasilin dopamin yang bikin kita seneng, Tapi ingat binge watching punya beberapa dampak negatif bagi kita;

1. Meningkatkan Risiko Insomnia

Kalau ini udah jelas banget kan CampusBrainers, Orang dengan binge watching akan merelakan jam tidurnya hanya karena penasaran dengan apa yang terjadi di episode selanjutnya. Bahkan karena rasa penasarannya jam tidur mereka bisa terbalik, susah tidur dan kurang tidur. Nah dari permasalahan ini nantinya akan menambah cabang permasalahan baru baik psikis maupun fisik. Seperti  antisosial, depresi, menurunnya daya ingat, kurang konsentrasi, penyakit jantung jantung, dll.

(Source : idntimes.com)

2. Meningkatnya resiko penyakit fisik maupun psikis

Setelah susah tidur, binge watching dapat membuat seseorang terisolasi dari lingkungan sekitar. Karena saat dia menonton merasa tidak ingin diganggu dan melupakan hal-hal disekitarnya. 

  Nyeri atau kelainan pada tulang juga bisa menjadi permasalahan akibat binge watching, karena pada saat nonton biasannya masa bodoh dengan postur tubuh dan postur duduk yang benar. Hal ini dapat menyebabkan nyeri pinggang terlebih lagi buruknya kelainan pada tulang

Siapa disini yang kalau maraton series sambil makan-makanan ringan? Nah biasannya nonton ga afdol kalau ga sambil makan. Nah gara-gara nonton yang pastinya bikin mager alias males gerak dan ngemilin makanan tidak sehat, hal ini bisa jadi penyebab obesitas dan penyakit jantung jika dilakukan dengan porsi yang tidak wajar. 

(Source : Kompas.com)

Eitss walaupun ada beberapa dampak negatif dari binge watching, ga lupa dong pasti ada tips untuk meminimalisir kecanduan nonton. Salah satunya mengajak teman, kerabat, orang tua atau siapa pun untuk nonton bareng, karena langkah ini bisa dilakukan untuk tetap menjaga interaksi dengan orang lain. Hal lainnya yang ga kalah penting adalah kontrol diri. Membatasi jumlah episode yang akan ditonton, membatasi durasi menonton, dan menyeimbangkan kegiatan menonton dengan kegiatan lainnnya. Nonton film boleh kok asal tau batasan dan ga berlebihan ya CampusBrainers!

1 komentar:

Gambar tema oleh merrymoonmary. Diberdayakan oleh Blogger.