Header Ads

Sukses Gelar G20, Indonesia sebagai Presidensi

Puncak dari G20 sudah berhasil terlaksana dengan baik di Bali, pada 15-16 November 2022 nih CampusBrainers. Bahkan banyak acaranya yang menjadi viral dan mengundang perhatian publik, tapi sebelumnya CampusBrainers udah tahu apa belum sebenernya G20 itu apa sih ? Kalo pengen tahu scroll dibawah yaa.

G20 atau Group of Twenty adalah sebuah forum utama kerja sama ekonomi internasional yang beranggotakan negara-negara dengan perekonomian besar di dunia yang terdiri dari 19 negara dan 1 lembaga Uni Eropa. Anggota G20 terdiri dari Afrika Selatan, Amerika Serikat, Arab Saudi, Argentina, Australia, Brasil, India, Indonesia, Inggris, Italia, Jepang, Jerman, Kanada, Meksiko, Republik Korea, Rusia, Perancis, Tiongkok, Turki, dan Uni Eropa. Terus kira-kira perkumpulan beberapa negara ini membahas tentang apa aja ya ? Topik utama yang dibahas anggota G20 adalah isu-isu global yang terkait dengan bidang ekonomi seperti perdagangan, stabilitas keuangan, kebijakan, dan keberlanjutannya. 

CampusBrainers tahu gak manfaat apa yang didapat ketika Indonesia menjadi anggota forum G20 ini ? Kalo belum aku kasih tau nih, jadi dengan mengikuti forum ini sebuah negara akan mendapatkan informasi lebih awal tentang perkembangan ekonomi global, mulai dari potensi serta resiko yang dihadapi dan kebijakan ekonomi yang diterapkan negara lain terutama yang diterapkan oleh negara maju. Nah dengan menjadi bagian dari anggota G20 Indonesia bisa mempersiapkan kebijakan ekonomi yang tepat, tak hanya itu Indonesia juga bisa mendapatkan dukungan internasional untuk memperjuangkan kepentingan nasional.

Pelaksanaan dari G20 ini juga berbeda disetiap tahunnya CampusBrainers, dimana kepresidenan G20 akan bergilir dari satu negara ke negara lain. Tahun ini Indonesia yang mendapat kesempatan sebagai tuan rumah G20 yang telah ditunjuk sejak dua tahun yang lalu saat pelaksanaan G20 di Arab Saudi. Dengan ini Indonesia sudah mulai memegang presidensi G20 mulai dari 1 Desember 2021 hinggar akhir tahun 2022.

G20 di Indonesia ini mengusung tema "Recover Together, Recover Stronger". Tema tersebut memiliki arti bahwa Indonesia mengajak seluruh dunia untuk bekerjasama dan saling mendukung untuk bisa pulih bersama serta tumbuh lebih kuat. Rangkaian pertemuan dan acara G20 telah terlaksana sejak 1 Desember 2021 lalu dan puncaknya pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) di Bali pada 15-16 November 2022.

Pada hari pertama yaitu 15 November 2022 kegiatan G20 digelar di The Apurva Kempinski, Bali. Sejak pagi hingga siang para anggota melakukan working session yang membahas tentang Food and Energy Security dan Global Health Architecture. Kemudian pada malam harinya seluruh anggota G20, Presiden Joko Widodo, Ibu Negara Iriana, beberapa menteri Indonesia maupun tokoh penting Indonesia mengikuti makan malam istimewa yang bertema "Welcoming Dinner and Cultural Performance G20 Indonesia" di Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana, Badung, Bali. Nah ini nih yang kemarin jadi viral banget CampusBrainers karena masyarakat Indonesia turut bangga dengan penampilan dan suasana yang disajikan dalam acara makan malam tersebut, contohnya seperti saat para pemimpin dunia yang kompak menggunakan baju batik saat mengahadiri acara makan malam. Disana ditampilkan beberapa penampilan tari tradisional Indonesia dan dilengkapi dengan suara merdu penyanyi asli Indonesia antara lain Andmesh Kamaleng, Andien Aisyah, dan RDP Hip Hop Generation. 

Acara dilanjutkan kembali pada 16 November 2022 yang dimulai dengan side event penanaman bakau di Tahura Mangrove, Denpasar. Kegiatan ini dilakukan oleh Presiden Joko Widodo dan para pemimpin negara lainnya sebagai simbol kerja sama dalam menanggulangi dampak perubahan iklim antarnegara G20. Setelah selesai menanam bakau, para pemimpin negara berjalan-jalan di sekitar hutan bakau sembari mendengarkan penjelasan tentang bakau dan proses rehabilitasi Taman Hutan Raya Ngurah Rai sebagai upaya memperbaiki aksi iklim.

Source : antara foto

Setelah kegiatan side event selesai dilanjutkan dengan mendatangi Digital Transformation Expo di Bali Nusa Dua Convention Center.  Pada siang harinya para pemimpin negara melakukan private lunch dan pertemuan bilateral, yang kemudian dilanjutkan dengan working session yang mengangkat tema "Digital Tranformation". Puncak KTT G20 di Bali berakhir pada sore hari yang ditutup oleh Presiden Joko Widodo dan dilanjutkan dengan serah terima presidensi G20 dari Indonesia ke India. Berikut beberapa hasil KTT G20 Bali atau G20 Bali Leaders Declaration :

1. Sikap mengutuk perang di Ukraina
2. Menolak penggunaan senjata nuklir dalam penyelesaian konflik
3. Menjaga rantai pasokan pangan untuk mengatasi kerawanan isu krisis pangan
4. Pembentukan pandemic fund yang sudah terkumpul sebesar USD 1,5 billion
5. Indonesia mendapatkan dana sebesar USD 20 miliar untuk transisi energi
6. Perlindungan 30% daratan dan lautan 2030

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh merrymoonmary. Diberdayakan oleh Blogger.