Header Ads

Aplikasi PeduliLindungi Ganti Nama Jadi SATUSEHAT Mobile ?

 CampusBrainers pasti udah nggak asing dong, sama aplikasi PeduliLindungi? Yap benar, aplikasi yang diciptakan pemerintah yang menemani kita selama pandemi lalu. Tapi kamu tau nggak sih kalau aplikasi PeduliLindungi akan berganti nama menjadi SATUSEHAT Mobile?

Source: Ditjen Aptika Kominfo

Aplikasi PeduliLindungi berubah nama menjadi SATUSEHAT Mobile mulai 28 Februari 2023 lalu, loh! Pada peresmian aplikasi ini, Menteri Kesehatan Budi Gunadi memperkenalkan SATUSEHAT sebagai nama Indonesia Health Service yang merupakan platform integrasi dan standarisasi layanan data kesehatan di Indonesia.

Pihak Kementrian Kesehatan menjelaskan bahwa pengguna PeduliLindungi diminta persetujuan untuk transisi ke aplikasi SATUSEHAT Mobile, apabila pengguna tidak berkenan maka pengguna tidak bisa mengakses aplikasi SATUSEHAT. Kemenkeh juga menjelaskan bahwa SATUSEHAT Mobile bukan hanya diigunakan untuk Covid-19 saja, pengguna juga dapat mengakses untuk kebutuhan kesehatan lainnya. SATUSEHAT Mobile juga dapat digunakan untuk mengakses catatan medis pengguna, mulai dari hasil laboratorium, kardiologi dan vaksin. Aplikasi ini juga diformulasikan untuk mempersingkat sistem pelaporan kesehatan yang dilakukan oleh tenaga kesehatan (nakes).

Source: Kemenkes RI

Terkait keamanannya, CampusBrainers nggak perlu khawatir karena telah terjamin dengan mendapatkan penilaian BSSN terkait tata kelola dan tengan melakukan ISO 270001 sebagai cara memastikan infrastrukturnya aman untuk digunakan.

Buat kamu yang mau tau gimana caranya transisi dari PeduliLindungi ke SATUSEHAAT Mobile, kamu bisa menemukannya di bagian Account > Preference > Helath Information > Exchange (Beta) > Provide Access to SATUSEHAT, lalu kamu bisa geser tombol ke sebelah kanan. 

1 komentar:

  1. salah satu produk pasca merebaknya covid 19 adalah aplikasi pedulilindungi, dan begitu populer saat covid. Sekarang kalau ada wancana perubahan namanya, saya pikir sudah waktunya diubah. Apa lagi kalau fiturnya di integrasikan dengan layanan kesehatan lainnya virus corona

    BalasHapus

Gambar tema oleh merrymoonmary. Diberdayakan oleh Blogger.