Header Ads

Tim Dosen UMS Gandeng PSMB Untuk Melakukan Edukasi Bencana Alam Berbasis Game

    Selamat hari Jumat CampusBrainers, informasi kali ini datang dari dosen UMS. Tim Dosen FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menggandeng Tim Peneliti Pusat Studi Mitigasi Bencana (PSMB) UMS untuk melakukan pengabdian masyarakat di SMP Negeri 1 Polanharjo Kabupaten Klaten terkait pencegahan dan penanganan bencana gempa bumi. Tujuan diadakannya edukasi ini adalah penekanan pada penggunaan media bencana, karena penggunaan media khususnya untuk kebencanaan masih jarang dilakukan di sekolah.

    Bencana gempa bumi yang terjadi di Kabupaten Klaten menuntut tumbuhnya kesadaran masyarakat terhadap potensi dan bahaya gempa bumi. Berbagai program disusun untuk menumbuhkan kewaspadaan masyarakat terhadap bencana gempa bumi. Penggunaan media tersebut bertujuan untuk menumbuhkan motivasi dan menghindari peserta didik dari kejenuhan selama proses belajar dan mengajar berlangsung.

    
    Penggunaan media masih jarang, biasanya hanya berupa video ataupun teks berjalan. Ketika mengembangkan media analog yang lebih inovatif, di mana anak bisa berperan di dalamnya maka akan lebih menarik, dan lebih meningkatkan kemauan dalam belajar.

    Kegiatan ini diikuti oleh guru IPS dan perwakilan tiap kelas VII berjumlah 30 peserta didik. Peserta didik yang mengikuti kegiatan ini adalah mereka yang aktif dalam kegiatan Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS), sehingga nantinya diharapkan melalui OSIS bisa menyalurkan pengetahuan yang diperoleh kepada teman/ peserta didik lainnya. (Anggamarviza)

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh merrymoonmary. Diberdayakan oleh Blogger.