Header Ads

KEREN ! PERTUNJUKAN WAYANG KULIT BERLANGSUNG SELAMA 3 HARI NON STOP !

CampusBrainers, kamu pasti udah nggak asing, dong, sama kesenian asli Indonesia, atau yang lebih tepatnya kesenian dari tanah Jawa? Yap, kalau kamu nebak wayang kulit, kamu benar!

Ngomongin soal wayang kulit, kemarin baru aja ada yang ramai jadi perbincangan masyarakat dan tentunya membuat kita terkagum-kagum. Berita datang dari tanah Jawa Timur, Kediri, yang baru saja menggelar pentas wayang kulit selama 3 hari non stop loh, CampusBrainers! 

Sejarah tanah Kediri dalam serat Babad Kedhiri ditampilkan dan disajikan dalam perspektif wayang kulit yang dibawakan sebanyak 10 lakon selama 3 hari berturut-turut, mulai 2 Mei hingga 4 Mei 2023. Pagelaran wayang kulit ini merupakan rangkaian peringatan Hari Jadi Kabupaten Kediri yang ke-1.219.

Source: Solopos.com

Bupati Kediri, Hanandhito Himawan Pramana mengungkapkan bahwa untuk menggelar pentas wayang kulit ini, pemerintah daerah turut menggandeng Persatuan Pedalangan Indonesia (Pepadi) Kabupaten Kediri. "Melalui cerita yang utuh ditampilkan secara berseri ini diharapkan masyarakat khususnya generasi muda menjadi lebih tahu dan paham mengenai sejarah Kediri," tutur Mas Dhito.

Source: AGTVnews.com

Selain itu, ada fakta menarik di balik digelarnya pementasan wayang kulit ini loh, CampusBrainers. Pihak panitia mengonfirmasi bahwa terdapat 12 dalang kenamaan Kediri yang akan tampil, dan yang menjadi sorotan yaitu salah seorang dari 12 dalang yang akan tampil yaitu dalang muda, Ni Asrining Kusuma Anindya Kharismadani yang baru berusia 22 tahun, serta masih menempuh pendidikan di Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta dengan jurusan Pedalangan. Asri mengungkapkan rasa bangganya karena mendapatkan kepercayaan untuk ikut andil dalam pagelarang wayang bersama para dalang senior Kediri lainnya.

Source: Tribunnews.com

Waahh, ikut bangga rasanya, menjadi masyarakat Indonesia dengan segala kekayaan budaya dan tradisinya. Semoga dengan banyaknya pagelaran kesenian seperti ini, bisa menambah kecintaan kita terhadap harta kekayaan Indonesia ya, CampusBrainers. Nah, kalau kamu sendiri, ada nggak sih, kesenian Indonesia yang buat kamu jatuh hati? Tulis di kolom komentar, ya!

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh merrymoonmary. Diberdayakan oleh Blogger.