Header Ads

Mengenal Nikuba, Sebuah Inovasi Baru di Industri Otomotif

 CampusBrainers, kamu tau nggak sih, kalau belakangan ini, lagi ramai orang-orang yang ngomongin sebuah teknologi baru di bidang otomotif yang diciptakan oleh WNI? Yap, namanya Nikuba, sebuah terobosan baru yang diciptakan sebagai salah satu teknologi alternatif bagi industri otomotif.

Nikuba, atau dengan kepanjangan Niku Banyu, merupakan teknologi baru yang diciptakan oleh Aryanto Misel, sosok pria asal Cirebon, Jawa Barat. Nikuba sendiri memiliki arti 'Ini Air' jika diterjemahkan dari bahasa Jawa. Teknologi ini diklaim dapat mengubah air menjadi bahan bakar hidrogen untuk sepeda motor. Penemuan Aryanto dinilai sangat inovatif karena mampu mengatasi krisis bahan bakar bumi di masa depan.

Source: Bina Bangun Bangsa

Adapun Nikuba sendiri sudah mendapatkan kesempatan untuk dikenal di kancah Internasional. Sejumlah pabrik otomotif Italia, belum lama ini mengundang Aryanto untuk datang dan mempresentasikan hasil temuannya di sana. Aryanto menghabiskan waktu selama 4 hari untuk mempresentasikan hasil temuannya di depan petinggi Ferrari, Ducati dan Lamborghini. Selanjutnya, pihak perusahaan otomotif Italia akan berkunjung ke rumah penelitian Aryanto, yang dijadwalkan pada Agustus 2023 mendatang.

Source: Kabar Cirebon

Tapi kamu penasaran nggak sih, gimana cara kerja dari Nikuba sendiri? Nikuba dapat mengkonversi air melalui sistem pemisahan hidrogen dan oksigen dalam kandungan air yang telah dielektrolisa menjadi hidrogen yang digunakan sebagai bahan bakar. Berdasarkan uji coba, Nikuba bisa menempuh jarak 450 kilometer, hanya dengan menggunakan bahan bakar satu liter air. 

Source: Quora

Wah, menarik banget ya, CampusBrainers! Semoga aja karya inovasi dari anak bangsa kali ini mendapat hal yang terbaik di manapun nantinya. Dan semoga kisah Aryanto Misel tadi bisa jadi inspirasi kamu buat terus berkarya dengan bagaimanapun kondisi dan keterbatasan kamu, ya!

1 komentar:

  1. luar biasa inovasi ini, cuma belum terdengar gaungnya, saya saja baru tahu setelah membaca artikel ini. Seandainya teknolohgi ini bisa di produksi massal, maka bakal menghemat energi secara massif. persis sama dengan teknologi yang dikembangkan untuk motor listrik motor listrik

    BalasHapus

Gambar tema oleh merrymoonmary. Diberdayakan oleh Blogger.