Header Ads

Fenomena Blue Moon Sapa Langit di Penghujung Bulan Agustus 2023

CampusBrainers, tau nggak sih kalau tepat di hari ini, Kamis 31 Agustus 2023, akan ada fenomena bulan langka yang siap memanjakan mata penduduk Bumi loh.

Hari ini, Kamis (31/08), warga Bumi akan melihat fenomena langit Super Blue Moon. Di Indonesia sendiri, penampakan Super Blue Moon ini bisa dinikmati pada malam ini. Seperti yang ditulis di akun Instagram resmi Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), yang membeberkan waktu untuk melihat Super Blue Moon di Indonesia.

Source: The Independent

Teruntuk kita yang tinggal di Indonesia, kita bisa menyaksikan fenomena indah ini dengan jadwal sebagai berikut:

Kamis, 31 Agustus 2023 pukul 20.30 WIB

Kamis, 31 Agustus 2023 pukul 21.35 WITA

Kamis, 31 Agustus 2023 pukul 22.35 WIT

BRIN mengatakan bahwa warga RI dapat mengarahkan pandangan ke arah Bulan untuk menyaksikan fenomena ini yang bahkan bisa dilihat tanpa alat bantuan.

CampusBrainers penasaran nggak sih, apa itu Blue Moon dan Bagaimana terjadinya fenomena ini? Penamaan Blue Moon bukan merujuk pada warna Bulan yang akan berwarna biru. Laman NASA menuliskan istilah ini berarti saat melihat bulan purnama sebanyak dua kali dalam satu bulan.

Siklus Bulan yang hanya 29,5 hari membuat kita bisa menyaksikan bulan purnama sebanyak dua kali per bulan. Sama seperti yang terjadi pada bulan Agustus ini. Dalam 100 tahun setidaknya ada 41 Blue Moon, artinya akan terjadi per 2,5 tahun sekali.

Source: ANTARA

Nah, fun fact, fenomena kali ini juga merupakan Super Moon. Hal ini terjadi karena posisi Bulan yang sedikit lebih dekat dengan Bumi dan membuatnya terlihat lebih besar dan terang. Penyebabnya adalah orbit Bulan kepada Bumi yang tidak sempurna. Supermoon memiliki kecerahan 30 persen lebih terang. Dari ukurannya adalah 14% lebih besar dari bulan purnama biasanya. Untuk bulan Agustus ini, Supermoon akan tampak sangat terang. Ini disebabkan karena Saturnus berada tepat di seberang Matahari saat dilihat dari Bumi.

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh merrymoonmary. Diberdayakan oleh Blogger.