Header Ads

Kemeriahan Solo International Performing Arts 2024

Perhelatan Solo International Performing Arts (SIPA) 2024 kembali digelar di Kota Solo, lebih tepatnya di Pamedan Pura Mangkunegaran dan berlangsung selama tiga hari sejak hari Kamis (29/08) hingga Sabtu (31/08).


SIPA tahun ini mengusung tema "Performing Royal Genesis" dengan menampilkan berbagai kesenian, seperti Seni Musik, Seni Tari, dan Seni Teater. Pembukaan SIPA diawali penampilan tari maskot SIPA Gusti Raden Ajeng (GRAj) Ancillasura Marina Sudjiwo atau Gusti Sura. Selain itu, empat kelompok seni asal Australia, Jepang, Taiwan, dan Kamboja turut memeriahkan pembukaan pertunjukan SIPA hari pertama. 


Sekitar 300 seniman dari sanggar seni atau komunitas dari dalam dan luar negeri tampil pada pagelaran seni yang merupakan perpaduan seni tradisional dan kontemporer. Negara penampil antara lain dari Korea, Kamboja, Malaysia, Belanda, Jepang, Australia, Taiwan, dan Indonesia. Delagasi dari Indonesia diwakili seniman dari Padangpanjang, Bali, Bogor, Yogyakarta, Semarang, dan Solo. 


Tahun ini pertunjukkann SIPA juga berkolaborasi dengan ISI Surakarta, sehingga pertunjukan SIPA 2024 ini digelar di dua tempat, dengan panggung utama di Pamedan Mangkunegaran. Sedangkan panggung lainnya berada di Teater Besar Institut Seni Indonesia Surakarta atau ISI Surakarta. 

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh merrymoonmary. Diberdayakan oleh Blogger.