Header Ads

Mahasiswa KKNMAs 2024 Kurangi Limbah Plastik dengan Ecobrick



Halo CampusBrainers, pasti pada nungguin berita keren lagi nih. Mahasiswa dari Kelompok 31 Kuliah Kerja Nyata Muhammadiyah-‘Aisyiyah (KKNMAs) 2024 di Desa Mulur, Sukoharjo, menunjukkan kepedulian terhadap lingkungan dengan mengurangi limbah plastik melalui pembuatan ecobrick. Pada Sabtu, 3 Agustus 2024, mereka bersama warga setempat memisahkan sampah plastik, yang kemudian dimasukkan dan dipadatkan ke dalam botol plastik. Botol-botol ini kemudian dijadikan sebagai bahan untuk membangun dinding rumah atau gubuk yang digunakan untuk menyimpan peralatan kebun dan pakan ikan nila.





Anggota kelompok, Muhammad Rifky Bagus Cahyadi, menjelaskan bahwa tujuan kegiatan ini adalah membantu desa dalam mendaur ulang sampah botol, plastik, dan kain perca menjadi barang yang lebih berguna, seperti bahan bangunan alternatif yang bisa menggantikan batu bata. Warga Desa Mulur menyambut baik inisiatif mahasiswa yang berusaha mengurangi sampah di daerah mereka.



Ketua Kelompok 31 KKNMAs 2024, Al Ihwanul Imanulah Mulya Putra, berharap kegiatan ini bisa terus berlanjut sehingga sampah plastik dapat diubah menjadi barang yang lebih bermanfaat dan mengurangi kebiasaan membuang sampah sembarangan. Selain itu, Kelompok 31 juga mengikuti kegiatan arisan di rumah warga sebagai kesempatan untuk menjelaskan program kerja mereka selama periode KKNMAs 2024. Program terdekat yang akan dilaksanakan adalah sanggar belajar yang difokuskan pada bidang Matematika untuk anak-anak sekolah. (NARESA)

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh merrymoonmary. Diberdayakan oleh Blogger.