Header Ads

Happy International Woman’s Day Campusbrainers, Yuk Intip Sejarahnya!

 Halo Campusbrainers ! Selamat hari wanita sedunia! Yayyy zaman udah makin berkembang dan terus maju yah ditandai dengan adanya hari wanita sedunia 2021 yang dirayakan setiap 8 Maret. Kali ini hari wanita mengusung tema #ChooseToChallenge yang menunjukkan bahwa terdapat kesetaraan gender yang bisa membebaskan wanita untuk memilih dan melakukan penentangan ataupun bersuara dalam berbagai bidang.

Perempuan pantas dan berhak mendapatkan perlakuan yang sama, serta bebas dari stigma negative, stereotypes, dan bebas dari kekerasan, Campusbrainers. Namun sayang sekali, sampai sekarang pun hal tersebut masih saja terjadi. Tapi kira kira Campusbrainers tau gaksih sejarah dari International Woman’s Day ini?

Diawali dari tahun 1908, saat itu sebanyak 15.000 wanita berunjuk rasa di New York City, Amerika Serikat. Belasan ribu wanita tersebut berdemontrasi menuntut beberapa hak, seperti menuntut jam kerja yang manusiawi, gaji yang sepadan, hingga hak suara berpolitik. Sesuai deklarasi Partai Sosialis Amerika, Hari Perempuan Nasional pertama diperingati tanggal 28 Februari 1909 di Amerika Serikat. Pada tahun 1909, giliran konferensi Buruh Wanita Internasional yang melakukan demontrasi di Kopenhegen, Denmark. Sejak saat itu, muncul gerakan-gerakan serupa di berbagai penjuru dunia.

Hari Perempuan Sedunia pertama akhirnya dirayakan pada 19 Maret 1992 di tiga Negara yaitu, Austria, Denmark, Jerman, Swiss, sebagaimana sesuai kesepakatan di Kopenhegen. Namun sempat ada kejadian tragis yang merenggut pekerja wanita dalam sebuah kebakaran pada 25 Maret 1911 di AS. Kejadian ini lantas menarik perhatian tentang kondisi pekerja dan undang-undang ketenagakerjaan di Amerika Serikat yang menjadi focus diskusi ulang hari perempuan internasional berikutnya. Kemudian ssetelah berunding ulang, International Women’s Day ditetapkan pada 8 Maret.


Adapun beberapa tokoh wanita hebat Indonesia seperti sosok Kartini di masa kini yang sangat menginspirasi, menyuarakan, merayakan prestasi para perempuan dan mengkampanyekan emansipasi wanita adalah Sri Mulyani, Najwa Shihab, Susi Pudjiastuti, Anne Avantine, Merry Riana dan masih banyak lagi. Kalau menurut Campusbrainers siapa si sosok wanita yang menginspirasi? Coment down below yaaa.

 

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh merrymoonmary. Diberdayakan oleh Blogger.