Header Ads

Angkutan Umum Menemani Perjalananmu, Selamat Hari Angkutan Nasional.


    Kamu tahu gak sih hari ini 24 April 2021 bertepatan dengan Hari Angkutan Nasional? Pasti beberapa dari kita masih banyak yang tidak tau momen ini karena minimnya informasi yang membahas tentang hari bersejarah dan ini membuat masyarakat Indonesia kurang bisa mengerti apa maksud dibalik peringatan hari angkutan nasional.


        Hari Angkutan Nasional ini bertujuan untuk memperingati perkembangan dan sejarah Angkutan umum yang ada Indonesia. Angkutan penting bagi kegiatan sehari – hari sebagai sarana transportasi untuk menghubungkan wilayah – wilayah yang berbeda.

        Dengan adanya peringatan ini, diharapkan angkutan di Indonesia semakin baik dan layak. Harapan ini ditujukan pada pemerintah agar semakin peduli terhadap pengelola transportasi umum sehingga mampu meminimalisir angka kecelakaan karena angkutan umum.

Sebagian besar masyarakat masih menggunakan sarana angkutan umum. Namun seperti yang kita tahu bahwa fasilitas yang tersedia masih jauh dari kata baik, sehingga banyak orang yang lebih memilih untuk menggunakan kendaraan pribadi mereka ditambah tarif transportasi yang mengalami kenaikan secara terus-menerus.


Seiring perkembangan zaman transportasi mengalami perubahan mulai dari desain dan juga  teknologi yang digunakan, contohnya dahulu di Indonesia mengunakan angkutan Delman dan lama-kelamaan mulai tergantikan dengan adanya transportasi lainnya. Penasaran gak sih angkutan umum apa saja yang pernah berkembang di Indonesia hingga sekarang? Langsung aja check it outt!

Delman

Delman adalah kendaraan transportasi tradisional yang beroda dua atau empat yang meggunakan kuda sebagai penggantinya. Nama pengguna ini berasal dari nama penemunya lho, yaitu Charles Theodore Deeleman, seorang litografer dan insyinyur di masa Hindia Belanda. 

Opelet atau Oplet

Nama oplet berasal dari nama Chevrolet atau Opel. Berkembang pada 1960-an dan 1970-an oplet menjadi kendaraan umum yang paling populer di Jakarta saat itu. Kamu udah penah cobain belum Campusbrainers? 

Bajaj

Bajaj berasal dari India yang di ekspor ke Indonesia terutama ke Jakarta sejak athun 1970-an. Transportasi ini cukup bising namun tetap menjadi pilihan masyarakat untuk mengantar berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Kamu pasti tau bajaj dari salah satu sinetron "Bajaj Bajuri" kan? hehe 

Angkot

Angkutan kota (Angkot) mulai diperkenalkan di Jakarta pada akhir tahun 1970-an dengan nama mikrolet untuk menggantikan oplet yang sudah dianggap terlalu tua. Kamu pasti udah pernah naik ini kan? 

Ojek Online

Sejak awal kemunculannya ojek belum bernama ojek, ojeg, atau pun yang lain. Mereka hanya orang yang menawarkan jasa mengantar dari pasar atau pelabuhan ke rumah penumpang. Banyak yang bilang kalau ojek berasal dari kata objek. Kala itu, jasa angkut ini memang menjadi buah bibir hingga populasinya kian meroket dan kini melebarkan sayapnya mengikuti perkembangan teknologi yang hadir secara online. 

Sebenarnya masih banyak lagi lho Campusbrainers mengenai transportasi umum yang pernah menjadi pilhan di tahun-tahun tertentu dalam perkembangannya. Kalau kamu penasaran apa saja transportasii umum yang sempat berkembanng di Indonesia dan kapan saja tahun perkembangannya, jangan lupa untuk mampir di instagram kita di @rapmafm.  Instagram RAPMA FM

Mana Yang Pernah Kamu Naiki Campusbrainers? Comment down below yaaa. see uuu 

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh merrymoonmary. Diberdayakan oleh Blogger.