Header Ads

Early Birds Vs Night Owl: Mana yang Lebih Produktif?

 Campusbrainers, sebagian orang pasti merasa lebih suka beraktivitas di pagi hari dan pasti juga ada yang lebih merasa 'hidup' ketika dia bekerja di malam hari. Hmm gak usah heran yaaa karna manusia emang ada di program secara genetik gampang bangun pagi atau early bird dan sebaliknya ada yang cenderung terjaga di malam hari atau disebut night owl. 

Orang-orang yang ngerasa early bird atau morning person nih, tergolong orang yang suka bangun pagi hari dan merasa lebih semangat untuk memulai aktivitas saat masih fajar. Sedangkan tipe night owl atau yang dikata 'ngalong' sama anak muda nih lebih senang tidur larut malam dan sulit bangun di pagi hari. Hmm sepertinya anak kuliahan udah bersahabat banget ya dengan tipe night owl. 

Meskipun kebanyakan orang menganggap  bahwa night owl itu adalah orang-orang malas yang kurang memiliki motivasi karena karakter mereka yang sulit bangun pagi, kaya kata orang tua nih “jangan bangun siang nanti rezekinya dipatok ayam” HAHA sebenarnya, night owl hanya merasa benar-benar lebih nyaman dengan lingkungan malam mereka.

Kita kupas yuk kira-kira kek gimana sihh yang dirasakan ketika kamu jadi tipe Early Bird atau Night Owl nih! LEGGOO

1. Night Owl lebih sering mengantuk dan merasa lelah di siang hari. Sedangkan Early Bird akan memiliki banyak energy dan lebih focus saat kuliah atau sekolah.

2. Early bird lebih rawan bersikap perfeksionis karena mereka menyukai hal-hal yang dilakukan sesuai keinginan dan merencanakan secara strategis kehidupan mereka. Kamu ngerasa itu gaksih?

3. Produktivitas dan kreativitas, Early bird cenderung lebih produktif dan kreatif pada pagi hari, sedangkan night owl lebih produktif dan kreatif di jam malam. Tidak ada yang lebih baik dari yang lain. Hanya waktunya aja yang berbeda nihhh

4. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa night owl itu "lebih cerdas" daripada early bird. Meski begitu, kecerdasan gak selalu berkorelasi dengan menjadi lebih sukses yaaaa

Selain hal di atas nih yaaa gak banyak yang benar-benar berbeda antara Early Bird dan Night Owl.

Kebanyakan orang berasumsi bahwa night owl lebih kreatif pada malam hari, namun nyatanya, night owl juga benar-benar bisa menjadi kreatif pada siang hari. Demikian pula, early bird juga bisa menjadi kreatif di malam hari, sehingga nampaknya bertentangan dengan masing-masing ciri atau potensi tipe.

Keduanya bisa beradaptasi dan menjadi produktif, mungkin setiap chronotype berbeda dengan pola tidunya serta karakter sampai batas tertentu, tapi hal ini gak boleh yaa buat membandingkan dan menentukan kesuksesan.


Akan sangat membantu jika mengetahui, kamu itu night owl atau early bird untuk merancang dan menjalani kehidupan dengan cara yang paling sesuai untuk kalian. Tapi selain itu, satu-satunya cara orang bisa menjadi sukses adalah jika kalian mendedikasikan waktu dan upaya untuk meraih apa yang didambakan. Pada akhirnya, tidak masalah apakah kalian night owl atau early bird.

Yuhuuu gimana nih? Angkat tangan yang sering dimarahin karena bangun siang!

Kalau aku orangnya Early Bird nih, gabisa begadang lama lama, dan suka menyiapkan segala hal pagi pagi banget hihihi. Tenang aja, Early bird dan night owl punya kelebihannya masing-masing yaaa jadi gak ada yang lebih buruk, kok!

Kalau kamu team early bird atau night owl nih Campusbrainers?

1 komentar:

  1. aku lebih tipe morning person / early birds sih, soalnya lemah banget kalau disuru begadang HAHA

    BalasHapus

Gambar tema oleh merrymoonmary. Diberdayakan oleh Blogger.