Header Ads

Emotional Sponge, Si Penyerap Emosi!

Campusbrainers, kamu pasti sering kan menjadi tempat curhat bagi temen-temen kamu, saudara kamu, keluarga, atau bahkan orang tua kamu sendiri. Hmm pas kamu dengerin curhatannya kamu ngerasa berempati bahkan sampe kebawa sedih dan malah kamu yang overthinking. 

Seseorang dengan empati yang tinggi memang memiliki banyak kelebihan. Sayangnya, mereka juga mudah menjadi terlalu sensitif bahkan dapat mudah merasakan nuansa emotional orang lain hingga akhirnya menjadi emotional sponge. Misalnya nih, pas ada orang yang lagi kesal atau marah, mereka akan gampang menyadarinya, walaupun dia ga dikasih tau yaaaa. Nah kirakira apa sih emotional sponge itu? 
freepik.com


Emotional Sponge adalah seseorang yang selalu menyerap stres yang dialami oleh orang lain ke dalam tubuh mereka sendiri. Orang yang memiliki empati terlalu tinggi memang mudah banget diajak berkomunikasi sampe mereka itu pasti selalu jadi tempat curhat. Namun, di balik kenyamanan kita curhat pada orang yang berempati tinggi, rupanya mereka bisa merasa kewalahan lho karna selalu ikut menyerap emosi orang lain. Bahkan ga sedikit yang merasa kelelahan bahkan bisa ikut merasa stres setelah mendengar cerita orang lain, khususnya cerita yang cukup negatif. 


Hal ini tentunya  ga baik yaaa bagi kesehatan mental. Bagi mereka yang masih kesulitan mengatur remosi, tentunya menjadi emotional sponge bisa membuat dia terbebani dan berdampak buruk. Ciri-ciri emotional sponge yakni : 
  1. Sangat intuitif, dimana dia peka banget sama hal hal disekitar dia tanpa dia diberi tahu lho 
  2. Terlalu peka dan sering mikirin masalah orang, dan ngerasa harus ngasih solusi
  3. Sering kewalahan karena emosi orang lain
  4. Gampang dikelilingi sama orang-orang yang toxic
  5. Bahkan selalu memprioritaskan orang lain sebelum diri sendiri. 
Beberapa tips biar kamu bisa meredakan emotional sponge diantaranya : 
1. Sadar kalo gak semua hal adalah tanggung jawab kamu, boleh jadi tempat curhat tapi jangan berlebiham ya untuk ikut campur 
2. Jauhin hal atau orang yang suka menganggu atau manfaatin kamu
3. Buat batasan yang sehat terhadap cerita orang lain
4. Luangkan waktu buat diri sendiri, sempetin buat me time yaaa karna me time sangat penting biar bikin emosi dan mental diri kamu terkendali. 

Campusbrainers, pernah gaksih ngalamin emotional sponge kaya gini? Coba ceritain dibawah yaaaa :D
Semangse! semangat dan senyum xixiix 


Tidak ada komentar

Gambar tema oleh merrymoonmary. Diberdayakan oleh Blogger.