Header Ads

Waspadai Atychiphobia, Ketika Kegagalan Sulit untuk Diterima

Phobia adalah gangguan kecemasan yang ditandai rasa takut berlebih terhadap sesuatu. Phobia bisa datang sewaktu-waktu lho Campusbrainers. Namun, ada sebagian orang yang menganggapp bahwa kegagalan adalah sumber ketakutan terbesar mereka. Rasa takut berlebihan terhadap kegagalan ini dinamakan dengan atychiphobia. Penasaran kan Campusbrainers atychiphobia ini seperti apa? Atau bahkan kamu baru denger istilah ini sekarang? Hmm yuk simak! 

behance.net

Atychiphobia adalah ketakutan yang luar biasa terhadap sebuah kegagalan. Hasil atau respons negatif terhadap sesuatu yang dilakukan menimbulkan pukulan mental maupun fisik cukup mendalam bagi penderita atychiphobia. Tentu saja hal ini dapat terjadi akibat beberapa faktor salah satunya adalah traumatik dini yang berakar dari figur orang tua yang ketat atau orang-orang dan lingkungan  sekitar yang tidak dapat menoleransi kegagalan dengan baik.

Phobia jenis ini dapat dialami berbagai kalangan usia anak-anak hingga dewasa lho. Anak-anak penderita gangguan kecemasan ini biasanya tidak dapat dikembangkan dengan baik akibat takutnya mencoba hal-hal baru dan sulitnya mengeksplorasi diri. Sedangkan orang dewasa biasanya akan menyebabkan kehilangan banyak kesempatan atau peluang dalam hidup dan kepercayaan dirinya akan tertutupi dengan ketakutan yang dirasakannya.  

idn.times

Apa saja contoh perilaku orang yang mengalami fobia ini?
1. Merasa tidak berdaya dan tidak mampu mengatasi rasa takut yang dialami
2. Merasa ingin kabur dari keadaan yang sering menimbulkan rasa takut 
3. Menunda-nunda mengerjakan tugas yang harus mereka kerjakan
4. Sering mengalami gejala fisik berupa sakit kepala, pusing, sakit perut, tremot, berkeringat, sesak nafas, dan sesak di dada beberapa menit sebelum persiapan dimulai.

Siapa saja yang beresiko terkena atychiphobia?

1. Mereka yang memiliki pengalaman traumatis kegagalan di masa lalu.

2. Memiliki tingkat harga diri yang sangat rendah, merasa dirinya tak cukup baik. 

3. Mengejar kesempurnaan 

4. Mereka dituntut untuk mencapai standar yang tinggi. 

unplash.co

Hal ini tidak bisa begitu saja disepelekan, perlu adanya penanganan seperti bantuan psikoterapi. Selain itu karena ketakutan yang timbul secara tidak rasional dan berlebihan sebenarnya hanyalah sugesti negatif dari pikiran dan penderita gangguan kecemasan ini, merubah gaya hidup dan pola pikir juga menjadi pengobatan dalam melawan kecemasan terssebut. 

5 Mindset Penting Untuk Hadapi Atychiphobia dimana rasa takut gagal yang tidak rasional 

1. Jangan takut gagal, gagal adalah proses belajar 

2. Pikirkan peluang yang ada dan berni mencoba 

3. Buat rangkaian goals kecil untuk dapetin goals yang besar

4. Berpikir poitif, dan STOP jelekin diri sendiri! Buat kamu yang masih suka gabisa handle emosi dan pikiran negatif bisa baca artikel RapmaFM berikut ini ya! 

Emosi Negatif itu Gak Selamanya Negatif lho! Kalo Kamu Tau Cara Manfaatinnya!

BELAJAR BARENG TENTANG TOXIC POSITIVITY YUUUK!!

5. Pahami konsekuensi dan gak lupa buat back up plan 

Buat Campusbrainers yang masih ngerasa takut akan kegagalan, yuk coba ubah gaya hidup dan mindset kita. Terkadang bersikap bodoamat dengan omongan orang lain yang nyinyir akan kegagalan kita juga perlu lho! Mereka gaakan mau tau usaha kita, yang dilihat hanyalah hasil. Dan kamuu harus bangga karna kamu lebih besar dari rasa takut akan masalah yang kamu hadapi, jadiii kamu pasti bisa melawannya! Semangat Campusbrainers! :D

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh merrymoonmary. Diberdayakan oleh Blogger.