Header Ads

Gunung Semeru Meletus, Awan Panas dan Hujan Abu Selimuti Lumajang dan Sekitarnya

Gunung Semeru, yang terletak di perbatasan kabupaten Malang dan Lumajang Provinsi Jawa Timur, mengalami erupsi, pada Sabtu (4/12/2021). Gunung ini meletus dan mengeluarkan awan panas pada pukul 15.00 WIB.

tribun.com

Saat ini, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lumajang disiapkan untuk mengevakuasi warga. Beberapa kawasan lereng gunung terkena hujan abu dan warga yang terdampak diminta untuk mengungsi. Tim BPBD tengah mengupayakan untuk mendirikan titik pengungsian sektoral di Lapangan Kamarkajang, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang.

network.com
Mengutip laporan dari laman resmi PVMBG Gunung Semeru mengalami 54 kali letusan atau erupsi dengan amplitudo. guguran lava pijar teramati dengan jarak luncur kurang-lebih 500-800 meter dengan pusat guguran berada kurang-lebih 500 meter di bawah kawah.

Erupsi Gunung Semeru yang terjadi siang hari ini membuat masyarakat di sekitar kawasan tersebut khawatir, panik dan berlari menjauhi asap pekat yang disertai abu-abu dan kerikil besar semburan dari gunung, menuju ke tempat aman untuk mengungsi.


Tidak ada komentar

Gambar tema oleh merrymoonmary. Diberdayakan oleh Blogger.