Header Ads

Eksistensi April Mop Ternyata Sejak Abad ke-15 Loh!

April Mop atau sering juga disebut dengan April Fool's ini adalah sebuah budaya yang masih eksis digunakan anak muda buat ngejailin temennya. Peringatan April Mop sendiri biasanya jatuh pada 1 April dan beberapa orang beranggapan bahwa di hari ini setiap orang boleh untuk berbohong atau memberikan lelucon tanpa dianggap bersalah saat melakukannya. Umm CampusBrainers jadi salah satu orang yang merayalan peringatan ini juga ngga, sih? 



Tapi sejarh terciptanya April Mop sendiri belum diketahui pasti dan banyak banget yang meneliti termasuk para sejarahwan yang bilang kalau April Mop berawal di tahub 1582 ketika Prancis mulai beralih dari kalender Julian ke kalender Gregorian. Didalam kalender Julian sendiri tertulis bahwa tahun baru dimulai dengan ekuinoks (peristiwa saat kedudukan matahari di khatulistiwa) pada musim semi sekitar 1 April. Pada saat itu belum ada gadget yang canggih kayak sekarang, jadi beberapa orang yang belum tau soal adanya perubahan kalender di Prancis tetap merayakan tahun baru pada bulan April. Nah, saat itu otang-orang yang udah tau tentang adanya perubahan kalender mengangap mereka sebagai "orang bodoh di Bulan April".




Jadi budaya April Mop ini sendiri udah ada sejak abad ke-15 tapi di Indonesia budaya ini baru dikenal sekitar tahun 2016 dan masih sedikit masyarakat Indonesia yang paham sama sejarahnya. Sampai sekarang masyarakat Indonesia masih ada yang merayakan peringatan ini dan memanfaatkan 1 April sebagai hari dimana mereka bisa menebar hoax atau prank untuk mendapatkan atensi dari orang banyak. Hmm.. menurut CampusBrainers gimana sih tentang April Mop? Apakah kamu termasuk orang yang oke-oke aja sama peringatan ini? Cukup ditanggal ini aja kamu berbohong sebagai candaan tetapi lelucon kamu jangan sampai nyakitin hati orang yah CampusBrainers!

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh merrymoonmary. Diberdayakan oleh Blogger.