Header Ads

Hasil Sidang Isbat Nyatakan 1 Ramadhan Jatuh Pada Minggu 3 April 2022

Selamat malam CampusBrainers! Siapa nih yang udah ngga sabar buat menyambut bulan puasa? Pasti lagi pada nungguin hasil sidang isbat kan, nah disini kita bakalan ngasih informasi terkini tentang hal tersebut. Jadi, dalam sidang isbat yang dilakukan oleh Kementerian Agama di Auditorium MH Rasjidi Kemenag, Jalan MH Thamrin, Jakarta pada Jum’at (01/04) menyatakan bahwa awal ibadah puasa 1 Ramadhan 1443 Hijriah/2022 jatuh pada Minggu (03/04) nih, CampusBrainers!



Untuk melihat hilal tersebut, pemerintah menggunakan metode hisab dan rukyat. Hisab hakiki wujudul hilal adalah dasar penentu kapan jatuhnya bulan baru dalam penanggalan Qomariah dimulai, ngga cuma jadi penentu awal Bulan Ramadhan aja, metode ini juga jadi penentu awal Bulan Syawal dan Dzulhijah. Sedangkan metode rukyat sendiri adalah aktivitas dalam mengamati bulan secara langsung dengan media teropong.

Pemerintah melakukan hisab dan rukyat kepada 101 titik dari 34 provinsi di seluruh Indonesia dan menghasilkan kesimpulan bahwa 101 titik tersebut tidak melihat hilal hingga Jum’at (01/04) malam. Hal ini terjadi karena hilal di Indonesia masih terbilang rendah dan tipis sehingga sulit diamati menggunakan teropong. So, masih ada waktu sehari buat kamu nyiapin Bulan Ramadhan CampusBrainers! Selamat berpuasa dan semoga lancar sampai akhir yups!  

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh merrymoonmary. Diberdayakan oleh Blogger.