Header Ads

Vaksin Kanker Serviks Gratis, Bakal Digelar Tahun Ini !

Haloo CampusBrainers, gimana nih puasanya ? masih kuat kan yaa 😁

Sambil nunggu buka puasa aku bawa kabar baik nih buat kamu yang selalu rutin buat ngikutin check up kesehatan atau bahkan rutin melakukan vaksinasi untuk pencegahan penyakit tertentu. Pada Selasa (19/4) Menteri Kesehatan Indonesia, Budi Gunadi Sadikin memberikan pengumuman bahwa tahun ini akan diadakan Vaksinasi Kanker Serviks secara gratis.

Program imunisasi akan ditujukan untuk pemberian Vaksin Kanker Serviks atau Human Papilloma Virus (HPV). Hal ini menjadi salah satu upaya dari pemerintah untuk mencegah penyakit kanker serviks dan kanker rahim yang menjadi salah satu penyakit yang banyak menyerang perempuan Indonesia. Masyarakat juga tidak perlu khawatir dengan besarnya biaya yang dibutuhkan untuk mendapatkan vaksin ini, karena Menkes sudah mengumumkan bahwa vaksin ini gratis dan dibiayai oleh negara bagi orang-orang sesuai sasaran.



(Source : www.kompas.com )


Vaksin HPV sebelumnya memang sudah ada dan menjadi program bertahap sejak tahun 2016, sehingga kedepannya akan menjadi program nasional pada tahun 2023. Pemberian vaksin tahun ini akan difokuskan pada daerah DKI Jakarta, Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Sulawesi Utara, Gorontalo, dan Sumatera Utara. Sasaran pemberian vaksin HPV saat ini ditujukan pada anak perempuan kelas lima dan enam SD atau anak perempuan yang berusia sepuluh hingga tigabelas tahun. Program ini akan digelar bersamaan dengan program bulanan imunisasi, sekitar bulan Agustus dan November 2022. Vaksin yang akan diterima sebanyak dua dosis, dengan jarak 1-2 bulan, yang akan diberikan pada 889 ribu anak perempuan.


(Source : www.cnbcindonesia.com)

Keamanan vaksin ini juga udah terjamin loh CampusBrainers, karena sudah mendapatkan izin edar dari World Health Organization (WHO) sejak 2006, serta dipantau langsung oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat hingga 2013 lalu dan tidak menemukan masalah dari adanya vaksin ini. Sehingga Vaksin HPV ini memiliki efek samping yang tergolong ringan, seperti bengkak atau kemerahan di tempat yang disuntik, sakit kepala, mual, dan rasa kelelahan. Jadi buat CampusBrainers yang punya adik atau saudara sesuai kriteria diatas bisa langsung cari informasinya di daerah kamu yaa, karena menjaga kesehatan gak cuma buat masa muda tapi juga investasi buat masa tua nanti. Keep Healthy CampusBrainers❤

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh merrymoonmary. Diberdayakan oleh Blogger.