Header Ads

Film-Film Bertema Musik, Dalam Rangka Hari Musik Sedunia

Musik dan film adalah dua karya seni yang dengan mudah dapat dinikmati oleh siapa pun. Tak ayal keduanya sering dikolaborasikan untuk menghasilkan sebuah karya yang lebih dinikmati banyak orang. Sehingga banyak sekali film-film yang membawakan latar belakang musik untuk cerita utamanya seperti karir musisi dalam bermusik, perjuangan dalam mengenalkan suatu musik, atau bahkan menyajikan sebuah cerita di film dengan bernyanyi atau bermusik. Maka dalam rangka Hari Musik Sedunia ini, aku mau ngerekomendasiin ke CampusBrainers film-film yang membawakan cerita tentang musik. Simak di bawah yaa

1. School of Rock
Film bergenre komedi ini dirilis pada 3 Oktober 2003, oleh Paramount Pictures. Cerita ini berawal ketika seorang gitaris band No Vacany yaitu Dewey, dikeluarkan dari band nya karena ia sering membawa sisi jenaka saat band rock nya tampil. Dewey merasa putus asa karena butuh uang, sehingga ia menyamar menjadi seorang guru di suatu sekolah dasar dengan menjadi seseorang bernama Ned. Alih-alih mengajar seperti guru pada umumnya, Ned malah mengajari muridnya untuk memainkan lagu-lagu dari band rock ternama di dunia. Film ini juga menjadi film komedi bertema musik terlaris sepanjang masa, hingga meraup 131 juta dollar Amerika Serikat di seluruh dunia.


2. The Sound of Music
Film yang diambil dari kisah nyata keluarga Captain Georg von Trapp, seorang perwira angkatan laut dari zaman kekaisaran Austro-Hungaria dengan setting tahun 1938. Cerita ini bermula ketika sang kapten kerepotan mengurus ketujuh anaknya sepeninggal istrinya, sehingga ia mempekerjakan pengasuh bernama Maria. Awalnya anak-anak Kapten Georg tidak menyukainya, namun seiring berjalannya waktu Maria sering mengajarkan menari dan menyanyi, sehingga mereka mulai menyukainya, bahkan sang kapten juga menyukainya. Pemandangan alam Salzburg dan Bavaria, Jerman,  menjadi salah satu kekuatan dalam film The Sound of Music. Sehingga setelah meningkatnya popularitas film tersebut, banyak orang-orang yang mengunjungi tempat dimana film itu dibuat. Lagu yang juga ikut populer karena adanya film ini adalah "Do Re Mi", yang kemudian sering dijadikan lagu penghantar tidur anak-anak atau bahkan lagu disney.



3. Nowhere Boy
Siapa yang tak kenal dengan The Beatles, band rock ternama di dunia yang namanya masih menjadi legenda di dunia permusikan. Film Nowhere Boy ini merupakan film biografi yang mengisahkan salah satu personilnya yaitu John Lenon. Latar yang diambil dalam film ini memfokuskan pada masa remaja Lenon di Liverpool, yang menawarkan drama dan permasalahan di dalamnya. Nowhere Boy juga menyertakan perjalanan John Lenon dalam membangun band nya yang awal mulanya diberi nama "The Quarrymen" hingga ia membentuk "The Beatles" bersama Paul McCartney. Film ini kemudian rilis pada 8 Oktober 2010, di Amerika Serikat, dalam rangka perayaan 70 tahun kelahiran John Lenon.


4. The Lion King
CampusBrainers pasti gak asing lagi lah ya sama film kartun garapan Disney ini, yang khas sama pemeran utamanya yang berwujud singa. Film yang sarat akan pesan moral ini cukup ikonik, mulai dari tokoh utamanya, latar cerita yang diambil, visual animasi, hingga soundtrack yang dibawakan. Bahkan salah satu soundtrack dalam filmnya juga bekerjasama dengan musisi ternama dunia yaitu Elton John. Lagu yang ada dalam film The Lion King seperti Can You Feel The Love Tonight, Hakuna Matata, dan I Just Can't Wait To Be King juga pernah merajai Billboard. Sehingga soundtrack album film ini mendapatkan sertifikat diamond sebagai album terlaris pada 1994 dan berhasil mencetak rekor 10 kali mendapatkan platinum.



Wahhh jadi ga sabar buat nonton film-film nya ya CampusBrainers. Dari beberapa film yang udah aku rekomendasiin di atas CampusBrainers paling penasaran sama film yang mana ? share di komen ya. Selamat Hari Musik Sedunia CampusBrainers, semoga makin banyak regenerasi musik maupun musisi yang nantinya akan mencetak sejarah baru dan jadi legenda dunia. 

1 komentar:

  1. School of Rock adalah paling yang keren mnrt gw

    BalasHapus

Gambar tema oleh merrymoonmary. Diberdayakan oleh Blogger.