Header Ads

Menuju Penetapan Hari Kebaya Nusantara, Kenali 6 Jenis Kebaya Indonesia

CampusBrainers, ternyata banyak banget ciri khas dari negara Indonesia yang bikin makin cantik kalo diliat. Salah satunya adalah pakaian atau baju adatnya, apalagi kebayanya. Kalo udah pake kebaya tuh berasa aura nya makin cantik dan anggun aja ya CampusBrainers. Ga cuma bikin cantik, tapi kebaya juga sering dihubungkan dengan beberapa hari penting yang ada di Indonesia, seperti Hari Kartini contohnya. Kalo ngomongin kebaya pasti keinget sama motif dan juga bentuknya yang beragam khas masing-masing suku, tapi kamu tau ga sih jenis kebaya di Indonesia apa aja ? Daripada penasaran yuk simak dibawah.


1. Kebaya Jawa

Kebaya jawa erat kaitannya dengan keluarga keraton ataupun bangsawan, namun saat ini penggunaanya sudah umum untuk kalangan apapun. Ciri khas kebaya jawa juga cukup identik nih CampusBrainers yaitu memiliki kerah berbentuk V yang umumnya tak memiliki lipatan kain. Saat menggunakan kebaya ini juga perlu menggunakan kemben karena kain utamanya cenderung tipis dan transparan.



2. Kebaya Kutubaru

Pasti ga asing lah ya CampusBrainers sama kebaya satu ini, kebaya yang sempet trend karena bisa di mix and match sama bawahan selain kain batik atau outfit non formal lainnya. Kebaya kutubaru berasal dari Jawa juga nih CampusBrainers, lebih tepatnya Jawa Tengah. Tapi ada hal yang membedakan kebaya ini dengan kebaya jawa pada umumnya, kebaya kutu baru memiliki lipatan dibagian kanan dan kiri, pada bagian dada atau lebih sering dikenal dengan bef. Penggunaan kebaya ini biasanya dilengkapi dengan stagen di luarnya untuk menambah ketegasan bentuk siluet tubuh.





3. Kebaya Bali

Nah kalo kebaya ini bisa dibilang mirip sama bentuk kebaya kutubaru CampusBrainers, tapi warna yang digunakan cenderung cerah dan yang membedakan adalah penggunaan selendang atau kain yang di ikatkan di pinggang seperti obi. Ternyata selendang itu juga punya makna sendiri lohh. Penggunaan selendang ini menjadi simbol pengikat nafsu dan perilaku buruk ketika memasuki area ibadah.



4. Kebaya Sunda

Kebaya Sunda juga gak jauh beda sama kebaya jawa, namun yang membedakan keduanya terletak di bagian kerah leher yang cenderung oval. Warna-warna cerah yang cantik juga menjadi daya tarik kebaya ini yang nantinya dipadu-padankan dengan kain jarik atau dalam bahasa sunda disebut sinjang bundel.



5. Kebaya Encim

Kebaya tradisional khas betawi ini, merupakan kebaya yang memiliki akulturasi dengan budaya Tionghoa. Bahkan nama "Encim" memiliki arti bibi yang diambil dari bahasa hokkien. Kebaya ini sering dibuat dengan kain-kain berwarna cerah dan mencolok, dengan bordiran di bagian lengan dan badan, serta motif khas nya yaitu flora dan fauna. 



6. Kebaya Madura

Busana kebaya dari madura ini sering disebut dengan Kebaya Rancongan dan baju aghungan. Model kebaya ini sering dibuat pas dengan badan, berlengan panjang, dilengkapi dengan stagen di bagian perut. Kebaya rancongan sering dipadukan dengan sarung batik, kalung berondong (kalung emas dari rentengan biji jagung), dan giwang. Sebagai pemanis akhir, sering disematkan hiasan emas berbentuk perahu susun tiga.


Wah cantik dan unik banget ya CampusBrainers. Dari semua kebaya yang ada pasti membawa makna maupun ciri khas masing-masing yang bikin kita bangga jadi perempuan Indonesia. Nah, CampusBrainers udah pernah nyoba pake kebaya dari daerah mana aja nih ? Komen dibawah yaaa.

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh merrymoonmary. Diberdayakan oleh Blogger.