Header Ads

SIPA FESTIVAL Kembali Hadir dengan Maskot Seorang Seniman Bernama "Rianto"

Hola CampusBrainers gimana kabarmu hari ini? Semoga tetap dalam keadaan baik yaa. 

Hm, ngomongin tentang kabar nih, aku ada kabar baik dan tentunya menarik buat kamu pecinta seni xixixi. Solo Internasional Performing Arts atau SIPA kembali hadir dan tentunya ngga kalah meriah dari tahun-tahun sebelumnya. Pada tahun ini, acaranya akan lebih spesial karena kembali diselenggarakan secara offline setelah 2 tahun berturut-turut terlaksana secara online. Tapi buat CampusBrainers yang berhalangan hadir, masih tetap bisa nonton karena ada streaming lewat youtubenya SIPA FESTIVAL. Wahh, keren banget ngga sih?  Tahun ini juga merupakan tahun ke-14 SIPA diselenggarakan dan akan dilaksanakan pada Kamis-Sabtu (8-10) September 2022 bertempat di Benteng Vastenburg, Solo, yang akan dimulai pukul 19.00-22.00 WIB.



Kali ini SIPA hadir dengan mengusung tema “ Arts as The Spirit of Life “ yang mengandung makna bahwa kedudukan dan peran seni adalah penjaga dan penyelaras kehidupan sebagai penggerak perubahan. Panggung SIPA 2022 adalah wujud dari semangat seni sebagai spirit perubahan kehidupan. Sebab yang abadi dalam kehidupan sesungguhnya adalah perubahan.



Nah, yang bikin SIPA 2022 ini beda dari tahun-tahun sebelumnya adalah dipilihnya Rianto seorang sebagai maskot dan merupakan salah satu  seniman kontemporer yang sudah go internasional. Ia akan tampil dalam opening SIPA 2022 nantinya. Salah satu pengalaman yang luar biasa adalah ketika Rianto menjadi salah satu penari Indonesia yang tampil pada malam inagurasi pengukuhan Presiden Amerika, Barack Obama, di Capital Hill, pada tahun 2009. Dia juga merupakan juara pertama Festival Tari serta Koreografi Tradisi Yogyakarya tahun 2001. Popularitas Rianto pada pelestarian seni tradisi yang turut membawanya ke dalam seni industri menjadi simbol penggerak perubahan yang tentu sejalan dengan semangat SIPA. Sosok Rianto dianggap layak untuk diangkat sebagai maskot dan diberikan penghormatan melalui panggung festival dunia. Waww keren banget dan sangat menginspirasi yaa CampusBrainers. Ngga sabar buat nonton huhuhu.



Rianto adalah seorang penari, kelahiran 8 September 1981, asli Banyumas. Tapi saat ini ia memutuskan untuk tinggal di Jepang, dan mendirikan sanggar tari pada tahun 2016 yang diberi nama Dewandaru Dance Company (DDC) di Tokyo. Ia merupakan seniman tari dan koreografer yang telah memiliki banyak apresiasi serta penghargaan, salah satunya adalah juara pertama Festival Tari serta Koreografi Tradisi Yogyakarta (2001). Maka dari itu, untuk memperkenalkan seni tari lebih dalam di festival dunia, Rianto berkenan untuk kembali ke Indonesia dan menjadi maskot SIPA 2022 dengan harapan dapat membawa seni tradisi yang selama ini beliau pegang di dunia global.

Walaupun dia bukan asli orang Solo tapi kecintaannya terhadap seni tari Jawa, khususnya Mangkunegaran tidak perlu diragukan lagi nih CampusBrainers. Yuk, kita sebagai generasi muda harus meniru semangat Rianto dalam melestarikan budaya dan tradisi yang ada di Indonesia! Nah, buat kabar baiknya sampai disini dulu yaa. Tunggu kabar menarik dan seru selanjutnya. 

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh merrymoonmary. Diberdayakan oleh Blogger.