Header Ads

Indonesia Sukses Luncurkan Satelit SATRIA-1 ke Angkasa

CampusBrainers tau ngga, sih, kalau Indonesia baru aja meluncurkan sebuah satelit ke luar angkasa, loh. Nah, buat kamu yang belum tau, yuk simak bareng-bareng, apa sih yang baru aja diluncurin Pemerintah Indonesia ?

Satelit Republik Indonesia (SATRIA-1) yang merupakan satelit internet pertama milik Pemerintah Indonesia, sukses meluncur ke angkasa pada Minggu (18/06), di Cape Canaveral Space Lauch Complex (SLC 40), Florida, Amerika Serikat, pada  pukul 18.21 waktu setempat.

Source: CNN Indonesia

Peluncuran roket ini bisa dibilang cukup singkat loh, CampusBrainers. Hanya memakan waktu sekitar 10 menit, terdiri dari dua tahapan dan untuk tahapan pertama telah selesai pada 18.20, sedangkan tahapan kedua. saat ini roket masih berada di angkasa untuk melepaskan SATRIA-1.

Setelah berhasil meluncur, nantinya satelit yang disiapkan untuk menghadirkan internet bagi masyarakat Indonesia di wilayah terdepan, tertinggal, terluar (3T) itu akan mengisi orbit di 146 Bujur Timur (BT), atau lebih tepatnya di atas langit Papua.

Source: CNBC Indonesia

Berdasarkan studi terbaru Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kemenkominfo, SATRIA-1 yang memiliki kapasitas 150 Gbps akan menghadirkan layanan internet di 50.000 titik fasilitas publik. Kecepatan internet di setiap layanan publik itu juga diproyeksikan mencapai 4 Mbps, yang mana kecepatan tersebut naik dari perhitungan awal di 2018 saat proyek SATRIA-1 dirintis yang mengusung kecepatan 1 Mbps untuk setiap titiknya.

Dalam peluncuran SATRIA-1 ini, BAKTI juga menggelar acara nonton bareng di 11 wilayah stasiun bumi, yaitu Jakarta, Manado, Kupang Jayapura, Timika, Manokwari, Banjarmasin, Ambon, Tarakan, Pontianak, dan Banten.

Source: Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi

Adapun harapan dari Presiden RI, Joko Widodo, terkait peluncuran SATRIA-1 ini, bahwa SATRIA-1 adalah upaya pemerintah untuk membangun infrastruktur digital yang merata di RI. 

Wahh, bangga banget ngga, sih, CampusBrainers? Semoga dengan diluncurkannya SATRIA-1 ini bisa menunjang serta mempercepat akses internet di Indonesia, terutama di wilayah 3T.

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh merrymoonmary. Diberdayakan oleh Blogger.