Header Ads

Hujan Modifikasi, Usaha untuk Menekan Angka Polusi Udara Jakarta

 CampusBrainers tau kan, kalau beberapa waktu lalu, Jakarta, Indonesia menduduki peringkat teratas Kota dengan kualitas udara terburuk di dunia. Hal itu juga menyebabkan naiknya kasus penyakit Infeksi Saluran Pernapasan (ISPA). 

Untuk menangani hal tersebut, Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta dan sekitarnya melakukan aksi yaitu hujan modifikasi yang mengguyur sebagian wilayah Jakarta dan sekitarnya pada Minggu (27/08). Teknologi tersebut merupakan hasil dari Teknologi Modifikasi  Cuaca (TMC).

Source: Kompas.id

Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta mengklaim bahwa hujan yang terjadi sejak sore hingga malam itu mampu membantu menekan polusi udara di Jakarta. Modifikasi cuaca ini dianggap sebagai langkah tercepat untuk menurunkan polusi udara di Jakarta, namun hal itu kembali  lagi bergantung pada tersedianya awan.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyebutkan apabila TMC ini tidak efektif untuk menurunkan polusi udara di Jakarta, maka Pemprov berencana untuk meluncurkan langkah lainnya, yaitu melakukan water mist dari atas gedung-gedung tinggi. Rencana tersebut juga sudah dalam proses pembahasan teknis oleh kementrian terkait.

Source: CNN Indonesia

 Pada Senin (28/08) pagi, berdasarkan data Indeks Kualitas Udara (AQI) Air, Jakarta menempati posisi ketujuh daftar kota dengan tingkat polusi terburuk, dengan angka 156 AQI US alias masuk kategori tidak sehat. Pemerintah juga sudah mencanangkan untuk warga Jakarta dan sekitarnya agar kembali memakai masker saat akan beraktifitas terutama di luar ruangan.

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh merrymoonmary. Diberdayakan oleh Blogger.