Header Ads

Keren!! Tim FAI UMS Ajarkan Bahasa Indonesia Melalui Arab Pegon di Kamboja

 Halooo CampusBrainers selamat siangg, di Jum'at siang ini kita bakal bagiin info terupdate seputar kampus kesayangan kita ini yaitu UMS. Penasaran kan yukk langsung simak aja beritanya

 Melalui program Lembaga Pengabdian Masyarakat dan Pengembangan Persyarikatan (LPMPP), Tim Pengabdian Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) melaksanakan pengabdian masyarkat Internasional di Kamboja. Tim pengabdian masyarakat FAI UMS mengajarkan bahasa Indonesia dengan menggunakan Arab Pegon.


 Pengabdian masyarakat ini berupa pendampingan sekolah binaan di Kamboja tepatnya daerah Svey Khleang, yaitu Sekolah Bersepadu Musa-Asiah (SEPAMA) Cambodia. Nur Rizqi Febriandika salah satu anggota Tim Pengabdian FAI mengatakan bahwa aksara Kamboja berbeda dengan aksara Latin, sehingga timnya membentuk kurikulum pembelajaran khususnya untuk minoritas muslim di Kamboja dengan menggunakan tulisan berbahasa Arab, yaitu Arab Pegon.


“Arab Pegon lebih mudah diterima di sana, sebab mereka sudah familiar dengan aksara arab termasuk Arab Pegon sebagai bentuk warisan budaya Islam Jawa masa lalu yang sampai ke suku Champ yang ada di Svey Khleang, Kamboja,” ujar Nur Rizqi Febriandika, Jumat (27/10). Tidak hanya membuat kurikulum, tim pengabdian juga akan mengajar di SEPAMA selama 6 bulan. Kegiatan tersebut juga sebagai bentuk solidaritas sesama muslim dan kedekatan rumpun dan budaya.

Nahh sekian dulu berita kampus hari ini semoga bisa menambah wawasan dan informasi kamu yaa CampusBrainers.(ANGGAMARVIZA)

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh merrymoonmary. Diberdayakan oleh Blogger.