Header Ads

Tim Dosen Arsitektur UMS Usulkan Desain Fasad Rumah, Untuk Menjaga Kelestarian Batik di Kampung Kauman Solo

 Haloo CampusBrainers Selamat hari Jum'at semoga kamu tetap semangat, selamat dan juga sehat wal'afiat. Kali ini kita bakal ngasih info tentang berita seputar kampus kesayangan kita ini yaitu UMS, penasaran kan sama infonya langsung aja cekidot yaa.

Tim Pengabdian Masyarakat dari Dosen Arsitektur Fakultas Teknik (FT) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) melakukan sarasehan dan hibah gambar, poster, serta maket dengan tema ‘Desain Fasad Renovasi Rumah di Kampung Kauman, Solo. Kegiatan ini dilakukan oleh Dr., Ir. Widyastuti Nurjayanti, MT., M., Siam Priyono, ST., MT., Fauzi Mizan Prabowo Aji, S.Ars., M.Ars., dan Tim Mahasiswa Arsitektur UMS.


PIC Pengabdian Masyarakat, Dr., Ir., Widyastuti Nurjayanti, MT., mengungkapkan pada Kampung Kauman terdapat bangunan kuno bersejarah, bangunan rumah tinggal dan toko batik yang sudah direnovasi sesuai keinginan pemilik. Hal ini dikhawatirkan akan menghilangkan ciri khas fasad Kampung Wisata Batik Kauman sehingga diperlukan acuan untuk panduan renovasi fasad rumah pada kawasan tersebut sebagai gambaran ke khas-an Kampung Wisata Batik Kauman. 



Menurutnya, dengan adanya usulan desain fasad, maka diharapkan Kampung Kauman Solo dapat mempertahankan karakteristik desain bangunan asli dengan keunikan arsitektur bangunannya sehingga menjadi nilai lebih bagi dunia arsitektur dan pariwisata di Kota Surakarta.

Semoga dengan adanya desain fasad rumah bisa membuat kelestarian batik dari Kampung Kauman Solo tetap terjaga aaminn. Soo itu tadi berita Seputar kampus kali ini semoga bisa menambah wawasan dan juga pengetahuan CampusBrainers yaa.(ANGGAMARVIZA)





Tidak ada komentar

Gambar tema oleh merrymoonmary. Diberdayakan oleh Blogger.