Header Ads

Prodi Pendidikan Olahraga UMS Menggelar Festival Pencak Silat


Prodi Pendidikan Olahraga Universitas Muhammadiyah Surakarta Menggelar Festival Pencak Silat dengan tema "Menguatkan Karakter Juara Melalui Pencak Silat Sebagai Jati Diri Bangsa". Festival Pencak Silat ini merupakan kegiatan tahunan bagi mahasiswa Pendidikan Olahraga Universitas Muhammadiyah Surakarta sebagai wadah untuk mengembangkan diri atau potensi yang dimiliki oleh para mahasiswa. Baik sebagai bentuk pengembangan karakter ataupun pengembangan prestasi, pencak silat ini berperan sebagai pendidikan moral yang nantinya akan mengarahkan ke hal positif dan berdampak kepada lingkungan yang positif juga. Kegiatan dengan pelatih yang sudah terpilih akan membimbing para mahasiswa yang mengambil mata kuliah pencak silat untuk mempelajari dan melestarikan kebudayaan Indonesia.


Ada dua  kategori yang dipertandingkan dalam festival Pencak silat ini yaitu seni dan tanding. Ada emapt pasang seni yang terdiri dari dua pasang seni putri dan dua pasang seni putra untuk kategori tanding ada delapan kelas yang terbagi dalam enam kontingen yang dilaksanakan selama dua hari pada Rabu (31/07) dan Kamis (01/08) hari pertama untuk pembukaan dan babak penyisihan, semi final dan final dilaksanakan pada hari 1, dan untuk hari kedua untuk penutupan dan pembagian medali serta sertif kepada yg juara yang bertempat di Auditorium Mohamad Djazman UMS. Festival pencak silat ini merupakan tugas akhir yang wajib diikuti oleh mahasiswa Penjas yang mengambil mata kuliah pencak silat lanjut. 


Festival Pencak Silat ini juga bertujuan untuk mengembangkan dan melestarikan Pencak Silat sebagai Budaya asli Indonesia, Pengembangan pendidikan mental-spiritual di Pendidikan Jasmani Universitas Muhammadiyah Surakarta, Pengembangan aspek bela diri, Pengembangan seni, Meningkatkan kebiasaan hidup sehat melalui olahraga pencak silat, Pembentukan sikap yang lebih positif dan efektif yang bermanfaat pula dalam upaya penyesuaian terhadap lingkungan sekitarnya. "Harapan kami tentu saja semoga kedepannya bisa lebih baik lagi dan mungkin bisa diadakan untuk umum tdk hanya internal saja, agar prodi pendidikan jasmani semakin diketahui oleh lebih banyak orang lagi." ucap salah satu panitia Festival Pencak Silat.

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh merrymoonmary. Diberdayakan oleh Blogger.